Kamis, 14 Februari 2013

Seragam Sakti ala Praja IPDN

"Penampilan Bukanlah yang Utama, tetapi yang Pertama Kali dilihat adalah Penampilan .... !!!"

Bagi para Praja IPDN, doktrin itu pasti sangat tidak asing terdengar. Bagaimana tidak, dalam hampir setiap kesempatan apel pagi, siang atau malam pasti membahas tentang "Performance" yang harus sesuai dengan seabrek ketentuannya.


Berbicara tentang penampilan Praja, maka yang pertama terlintas adalah tentang "seragam sakti" yang digunakan sehari-hari yaitu Pakaian Dinas Harian (PDH). Memang betul, penampilan yang ditunjukkan seorang praja akan sangat berbeda dengan universitas ataupun instansi lainnya, mulai dari seragam yang rapih dengan lis pada celana tajam terbentuk yang nyaris saja bisa membelah semangka, atribut yang mengkilap dan tertata rapih, sepatu yang tak kalah mengkilap, potongan rambut seperti taruna/taruni kedinasan lain dan tertutup muts, wajib dimilki setiap praja pada setiap kesempatan.

Karena kemampuan seragam ini menunjukkan aura bagi pemakainya, maka tak salah 'dia' di sebut-sebut juga dengan "Seragam Sakti Mandra Guna" yang memiliki makna-makna filosofis di setiap bagian dan atributnya, seperti :

  1. Muts. Berwarna dasar biru yang melambangkan bahwa seorang praja haruslah berpikiran seluas langit. Pada muts terdapat lis berwarna kuning melambangkan bahwa seorang Praja adalah calon perwira yang ketika lulus nanti akan langsung diangkat menjadi PNS golongan III/a
  2. Kewiraan. Letaknya disisi kiri atas Muts yang melambangkan bahwa seorang Praja adalah perwiranya PNS.
  3. Dek. Terletak di pundak seorang Praja, memiliki makna bahwa seorang Praja memiliki beban dan tanggung jawab yang besar dipundaknya. Setiap tingkatan Praja memiliki jumlah bintang yang berbeda di dek-nya. Hal ini menandakan semakin tinggi tingkat dan pangkat seorang Praja maka akan semakin besar pula tanggung jawab yang dipikulnya.
  4. Monogram IPDN. Atribut ini terletak di atas kerahbaju PDH. Monogram ini menandakan identitas dari IPDN.
  5. Papan Nama. Disematkan diatas saku kanan baju PDH. Warna latar papan nama adalah hitam dan tulisan nama berwarna putih. Hal ini menandakan banwa nama seorang Praja harus bersih diatas hukum.
  6. Lambang Kemendagri/Korpri. Disematkan diatas saku kiri baju PDH. Berarti bahwa Praja IPDN berada didalam naungan Kementerian Dalam Negeri yang nantinya akan diangkat menjadi PNS golongan III/a.
  7. Bordiran Lambang IPDN. Terletak di lengan kiri baju PDH. Hal ini menandakan identitas IPDN bagi pemakainya.
  8. Baju dan Celana. Seragam PDH yang digunakan memiliki warna coklat sama seperti warna tanah. Hal ini mengandung makna bahwa seorang Praja harus memiliki sifat merakyat.
  9. Tali Ikat Pinggang dan Gesper. Tali pinggang berwarna hitam menandakan seorang Praja terikat oleh hukum. Diatas gesper juga terdapat lambang IPDN yang juga menandakan identitas lembaga IPDN.
  10. Sepatu. Sepatu PDH Praja berwarna hitam memiliki makna filoosofi bahwa seorang Praja berdiri diatas hukum.
Title: Seragam Sakti ala Praja IPDN; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

2 komentar: