Jumat, 22 Februari 2013

Pembukaan Rekruitmen Satuan Madya Praja angkatan XXII


Dalam suatu organisasi seiring berjalannnya waktu tentu membutuhkan penerus untuk dapat melanjutkan cita-cita yang telah dijadikan dasar terbentuknya organisasi tersebut. Begitu pula dengan organisasi dalam Wahan Wyata Praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Pada hari Jumat 15 Februari 2013 yang lalu yang bertempat di Balairung Rudini kampus IPDN Jatinangor sekitar pukul 2 siang secara resmi dibuka rekruitmen anggota Wahana Wyata Praja bagi satuan Madya Praja angkatan XXII. Pembukaan rekruitmen ini dihadiri oleh 3 pejabat penting dalam organisasi Wahana Wyata Praja yaitu Wp Ali Akbar Siagian (Gubernur Praja), Wp Rivai Seknun (Wakil Gubernur Praja) dan Wp Bakhrul Afif Amsak (Ketua Dewan Perwakilan Praja).

Pembukaan rekruitmen anggota WWP yang dihadiri oleh seluruh Madya Praja angkatan XXII ini sengaja dilaksanakan agar mengenalkan secara keseluruhan tentang organisasi WWP, mulai dari sejarah serta perkembangannya, instansi yang ada didalamnya serta unit unit lainnya yang dapat diikuti oleh praja. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh satuan Madya Praja angkatan XXII bisa mengetahui tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari masing-masing unit atau instansi yang akan di ikutinya agar dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Kegiatan ini berlangsung dengan cukup khidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh Praja yang berada dalam Balairung Rudini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Gubernur Praja. Dalam sambutannya, Gubernur Praja menekankan bahwa mulai tahun ini nama “pengkaderan” diganti dengan “rekruitmen” karena dianggap pengkaderan terkesan horor dan terlebih lagi dengan kenangan masa lalu yang ketika pengkaderan dimulai maka dimulailah juga tindakan kekerasan dari senior ke juniornya. Sehingga dianggap dengan menggunakan kata rekruitmen maka pencarian penerus organisasi Wahana Wyata Praja dapat dilakukan dengan lebih profesional dengan mengedepankan kualitas dan dilakukan dengan lebih transparan serta sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa setiap manusia selain memerlukan kebutuhan sandang, pangan dan papan, juga memerlukan sarana dan prasarana untuk aktualisasi diri untuk meningkatkan potensi dan bakat, sehingga disinilah tempatnya untuk berlatih agar ketika di lapangan dapat menjadi panutan bagi masyarakat sebagaimana yang masyarakat tuntut dari output IPDN.

Setelah pembahasan singkat mengenai WWP, diadakan sesi tanya jawab antara satuan Madya Praja angkatan XXII sebagai calon rekruitmen dengan fungsionaris Wahana Wyata Praja. Kemudian tibalah saat yang di nantikan, yaitu pembukaan secara resmi rekruitmen anggota Wahana Wyata Praja oleh Gubernur Praja yang di ikuti dengan ketukan palu sebanyak tiga kali. Lagu Hymne Abdi Praja pun kembali di nyanyikan oleh seluruh satuan Praja sebagai tanda berakhirnya kegiatan ini.
Title: Pembukaan Rekruitmen Satuan Madya Praja angkatan XXII; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar