Sabtu, 16 Februari 2013

Fakta Unik Tentang 'Valentine Day'

SERBA TUJUH__


It’s February ……. !!! yeeee …. The month of love …. !!! Yuup … bulan Februari memang dikenal oleh seluruh dunia dari berbagai kalangan sebagai bulan penuh cinta. Bagaimana tidak, ada satu tanggal yang sakral dan dianggap sebagai puncaknya para sejoli untuk mengungkapkan kasih sayangnya. Yeaahhh ,, it’s 14th February means that it’s Valentine’s Day ... ^.^


Banyak versi tentang Hari Kasih Sayang ini. Berbagai kontroversi pun muncul dari berbagai kalangan yang menentang ataupun menyetujui adanya hari khusus itu. Berikut ini adalah 7 fakta unik tentang Hari Valentine :

ü  Bunga dan coklat bentuk hati
Sepertinya sudah menjadi tradisi yang tidak dapat dipisahkan dengan Hari Valentine yaitu saling tukar hadiah ataupun sekedar menuangkan rasa sayang pada coklat atau bunga yang diberikan pada pasangannya.
Menjelang Februari banyak produsen coklat yang memanfaatkan momen ini untuk mendapat profit yang lebih besar dengan membuat beragam coklat bernuansa Valentine. Begitu pula dengan penjual bunga yang tak mau kalah sehingga banyak dijumpai rangkaian bunga mawar berbentuk hati. Perpaduan keduanya tak pernah luput dan terlewati dari pandangan mata orang-orang yang ingin merayakan hari spesial ini.

ü  Warna merah muda
Satu lagi unsur penting yang pasti tak pernah ketinggalan dalam Valentine, yaitu warna merah muda. Menjelang hari spesial ini pastilah telah banyak hiasan atau ornamen yang terpajang di segala sudut dengan nuansa merah muda.
Warna merah muda bernuansa sangat lembut dan menenangkan menjadi warna mutlak yang menambah arti spesial di hari tersebut. Bahkan, sebagian pria rela menggunakan pakaian bernuansa merah muda sebagai bentuk rasa sayang pada pasangannya.

ü  Sejarah Valentine
Asal mula adanya Valentine sebenarnya merupakan cerita yang cukup ironis. Valentine sebenarnya adalah seorang martyr yang karena kesalahan dan bersifat ‘dermawan’ maka dia diberi gelaran Saint atau Santo.
Pada tanggal 14 Februari 270 Masehi, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya dengan penguasa Romawi. Untuk mengagungkan St. Valentine yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematiannya sebagai “upacara keagamaan”.

ü  Makna Kata Valentine
Setelah orang-orang Romawi masuk agama Nasrani, kemudian mereka mengaitkan upacara kematian St. Valentine sebagai ‘hari kasih sayang’ yang juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropa bahwa waktu ‘kasih sayang’ itu  mulai bersemi ‘bagai burung jantan dan betina’ pada tanggal 14 Februari.
Dalam bahasa Perancis Normandia, pada abad pertengahan terdapat kata “Galentine” yang berarti ‘galant atau cinta’. Persamaan bunyi antara Galentine dan Valentine menyebabkan orang berpikir bahwa sebaiknya para pemuda dalam mencari pasangan hidupnya pada tanggal 14 Februari.

ü  Makna Valentine dalam Ajaran Islam
Seperti yang di katakan sebelumnya bahwa terdapat banyak kontroversi yang terjadi dalam pemahaman Valentine Day ini. Terutama dalam perbedaan pendapat dalam agama yang dianut.
Dalam ajaran agama Islam, perayaan Valentine setiap tanggal 14 Februari adalah hari kejatuhan Kerajaan Islam Spanyol yang kemudian oleh St. Valnetino di umumkan atau di isyaratkan hari tersebut sebagai hari ‘kasih sayang’ karena padanya Islam adalah Zalim !! tumbangnya Kerajaan Islam Spanyol dirayakan sebagai Hari Valentine.

ü  Valentine Haram dalam Islam
Secara mendalam  terutama dari kacamata agama Islam, ada beberapa hal yang harus dipahami dan didalami yang menyebabkan Valentine hukumnya Haram, yaitu :
·       Prinsip dasar. Valentine Day adalah suatu perayaan yang didasarkan pada pesta jamuan ‘supercalis’ bangsa Romawi kuno dimana setelah mereka masuk Agama Nasrani, maka berubah menjadi ‘acara keagamaan’ yang dikaitkan  dengan kematian St. Valentine.
·       Sumber asasi. Valentine jelas bukan bersumber dari Islam, melainkan bersumber dari rekaan fikiran manusia yang diteruskan oleh pihak gereja. Oleh karena itu, berpegang pada akal rasional manusia saja, tetapi jika tidak berdasarkan kepada Islam (Allah), maka ia atan ditolak.
·       Tujuan. Valentine menciptakan dan mengungkapkan rasa kasih sayang. Namun bukan semenit untuk sehari dan sehari untuk setahun. Sedangkan Islam memerintahkan umatnya untuk berkasih sayang dan menjalin persaudaraan yang abadi dalam naungan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
·       Operasional. Pada umumnya acara Valentine Day diadakan dalam bentuk pesta pora dan huru-hara. Sedangkan ajaran Islam mengharamkan pesta pora dan hura-hura karena termasuk dalam pemborosan.


Itulah hal-hal unik tentang Valentine yang sedang terjadi akhir-akhir ini. Yahh.. pada akhirnya juga kembali pada para blogger sekalian apakah pro atau kontra dengan adanya Valentine Day ini. 
Title: Fakta Unik Tentang 'Valentine Day'; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Thanks infonya. Saya juga punya referensi lain nih tentang fakta mengejutkan di balik perayaan Hari Valentine. Kamu bisa cek di sini ya: Kisah kelam Hari Valentine

    BalasHapus