Senin, 11 Maret 2013

Syarat Menjadi Pemimpin yang Baik | Cara Menjadi Pemimpin yang Baik


SERBA TUJUH ...

Tak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu kira-kira ungkapan yang cocok ketika berbicara mengenai kepemimpinan. Tidak semua orang bisa memimpin. Dan tidak semua pemimpin adalah menjadi pemimpin yang baik. Untuk mendapat kedua aspek diatas, tak ada salahnya untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana untuk menjadi seorang pemimpin.

1.     Problem Solver
Seorang pemimpin dituntut mampu membuat keputusan penting dan tepat untuk keluar dari permasalahan. Mulailah bertindak tegas, dan hapuslah plin-plan. Jangan pula memupuk kebiasaan melarikan diri dari tanggung jawab. Jika diibaratkan sebagai nahkoda, Anda memiliki kewajiban menggerakkan kapal kearah yang benar.

2.     Bersikap Positif
Setiap orang tidak luput dari kesalahan, bila hal ini menimpa anak buah Anda, janganlah langsung mencecarnya dengan segudang cemoohan. Selidiki dulu latar belakang permasalahan sehingga Anda bisa bersikap proporsional. Jika Anda melakukan kesalahan, tidak perlu ragu mengakuinya dan meminta maaf kepada orang-orang terkait, dan jangan lupa melakukan perbaikan atas kesalahan tersebut.

3.     Komunikasi
Karyawan sebaik apapun akan kehilangan arah bila dibiarkan ‘jalan dalam gelap’. Sebagai pemimpin, Anda perlu menerangkan sejelas mungkin tentang tujuan bersama yang hendak dirauh dan strategi pencapaiaannya. Bekali pula anak buah Anda dengan penilaian terhadap hasil kerjanya selama ini, sehingga mereka bisa belajar cara melakukan tugas dengan benar. Pelihara komunikasi 2 arah dengan bawahan dan mintalah feedback dari mereka setiap kali Anda meluncurkan kebijakan baru.

4.     Menjadi Inspirasi
Seorang pemimpin harus bisa menerapkan standar dan jadi contoh bagi Anak buahnya. Jadilah inspirasi bagi bawahan. Up date benak Anda dengan informasi terkini, tidak pelit membagi pengalaman dan patuhi peraturan yang telah Anda buat sendiri.

5.     Tumbukan Motivasi
Berikan penghargaan terhadap prestasi sekecil apapun yang dilakukan oleh anak buah Anda. Bahkan karyawan yang paling telat sekalipun akan berusaha memperbaiki diri apabila Anda memujinya ketika ia datang tepat waktu (apalagi jika pujian itu diberikan tanpa terkesan menyindir). Secara berkala, ajukan pula pertanyaan dan tantangan yang mampu merangsang kreativitas berpikir anak buah. Misal, meminta ide mereka untuk proyek kecil.

6.     Hubungan Baik
Jalin hubungan professional dan interpersonal yang harmonis dengan anak buah. Ingat, dibalik statusnya sebagai bawahan, karyawan memiliki pribadi yang unik dan masalah tertentu. Luangkan waktu untuk mengenal karyawan secara personal sehingga Anda melakukan coaching tepat sasaran.

7.     Turun Gunung
Anda tidak boleh merasa bebas dari kewajiban dan melakukan penekanan kepada anak buah. Seorang pemimpin akan dihargai anak buahnya apabila ia bersedia turun kelapangan dan tak asal main perintah. Semakin hebat lagi hormat anak buah bila pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan benar. Itu menunjukkan kualitas Anda pada anak buah Anda.

Setelah membaca uraian singkat diatas, semoga Anda bisa menjadi pemimpin yang baik dan di implementasikan dengan baik pula. Sukses gannn … ^.^
Title: Syarat Menjadi Pemimpin yang Baik | Cara Menjadi Pemimpin yang Baik; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar