Rabu, 13 Februari 2013

Salah Satu Kota Bersejarah


SEKILAS TENTANG KOTA BAUBAU


Kota Baubau merupakan bagian dari wilayah administrasi dari propinsi Sulawesi Tenggara. Batas-batas administratif kota Baubau adalah :
• Sebelah Utara :  Kecamatan Kalioda
• Sebelah Selatan :  Kecamatan Batauga
• Sebelah Timur :  Kecamatan Pasarwajo


Terbentuknya Kota Baubau secara otonom dan mandiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2001 merupakan peluang sekaligus tantangan didalam mengisi pembangunan daerah sebagaimana tuntutan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat yang digariskan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Dengan kewenangan Otonomi Daerah dimaksud, Pemerintah Kota Baubau dituntut untuk meningkatkan kemandirian melalui prakarsa dan inisiatif didalam menggali potensi sumberdaya yang tersedia untuk sebesar- sebesarnya dikelola dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Baubau. Oleh sebab itu untuk memberikan informasi dan layanan secara mudah dan cepat maka aplikasi teknologi informasi dalam bentuk WEBSITE Pemerintah Kota Baubau diluncurkan.


ciri khas kota baubau
Pada mulanya, Baubau merupakan pusat Kerajaan Buton yang berdiri oada awal abad ke-13  (1401 – 1499). Buton mulai dikenal dalam Sejarah Nasional karena telah tercatat dalam naskah Negara Kertagama Karya Prapanca pada tahun 1365 Masehi dengan menyebut Buton desa tempat tinggal para resi dimana terbentang taman dan didirikan saluran air. Rajanya bergelar Yang Mulia Mahaguru.



  Kota Baubau ini mempunyai peran penting di bidang pariwisata karena pelabuhannya merupakan tempat transit bagi semua kapall dan masih memiliki nilai kebudayaan yang tinggi. Terlebih lagi mendapatkan Rekor MURI yaitu memiliki benteng terluas di dunia dengan panjang 2.47 km dan tebal 1 m.
Title: Salah Satu Kota Bersejarah ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar