Jumat, 31 Mei 2013

Mari Berkenalan dengan Yudi Latif | Biografi Yudi Latif

TOKOH …
YUDI LATIF DALAM NEGARA PARIPURNA

Yudi Latif lahir di Sukabumi, 26 Agustus  1964. Beliau pernah mondok di Pesantren Modern Gontor Ponorogo, beliau menamatkan pendidikan S1 di Universitas Padjajaran bidang Komunikasi, S2 di Australian National University bidang Sosial Politik, dan S3 di Australian National University bidang Sosial Politik dan Komunikasi. Berbagai prestasi telah diraih sejak dibangku sekolah hingga mencapai gelar doktoralnya baik akademik maupun non-akademik. Disertasi doktoralnya tentang “Genealogi Intelegensia Muslim Indonesia” memberikan terobosan baru dalam studi sosiologi dan sejarah intelektualisme Islam hingga memperoleh banyak pujian.


Karier penelitiannya dimulai ketika bergabung dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 1993. Sejak saat itu, beliau menjadi penyusun awal rancangan pendirian Universitas Paramadina (1996), tempat ia mendirikan berbagai pusat studi dan sempat menjadi wakil rektor dalam urusan penelitian, kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat (2004-2007).

Dibidang non –akademik, beliau merupakan penulis yang telah melahirkan karya-karya hebatnya. Beliau telah menerbitkan belasan buku, menulis diberbagai media, mengkaji rubrik tetap di beberapa surat kabar dan majalah, seperti rubrik analisis politik di harian Kompas. Beliau juga menjadi pembicara di berbagai forum nasional dan internasional, dan juga sering menjadi komentator di berbagai acara televisi dan radio. Beliau juga aktif dalam berbagai organisasi dan lembaga sosial yang memperjuangkan keadilan sosial dan multikulturalisme.

Salah satu buku beliau yang fenomenal adalah buku ”Negara Paripurna (Historitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila)” yang diluncurkan pertama kali di Ruang Rapat Komisi DPR V pada 2011 lalu. Dalam buku ini dikontruksikan secara lengkap catatan sidang BPUPKI dan persidangan lainnya ketika merumuskan pemikiran untuk menyusun konstitisi. Dengan pemahaman lebih mendalam, buku ini pula memiliki sentuhan intelektualitas yang kaya, serta bahasa yang hidup yang membuat Negara PAripurna ini berharga bagi siapa pun yang peduli terhadap bangsa ini.

Dengan lahirnya buku ini juga berdampak pada Yudi Latif sendiri. Apresiasi publik terhadap buku ini mengantarkan Yudi Latif sebagai penerima beberapa penghargaan, antara lain IFI (Islamic Fair of Indonesia) Award pada Desember 2011 untuk kategori Intelektual Muda Paling Berpengaruh; penghargaan sebagai Ikon Politik Indonesia Tahun 2011 dari Majalah Gatra yaitu Nabil (National Building) Award pada 18 Oktober 2012, dari Yayasan Nabil, sebagai pengakuan atas perjuangan dan pemikiran dalam menegakkan Pancasila yang memberikan sumbangan bagi nation building; dan Megawati Soekarnoputri Award, pada 6 Desember 2012, sebagai penghargaan dalam memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan dan pluralisme. Selain itu, beliau juga diberi kepercayaan untuk menjadi Ketua Harian Pusat Studi Pancasila, di Universitas Pancasila.
                 
Title: Mari Berkenalan dengan Yudi Latif | Biografi Yudi Latif; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Saya salah satu penggemar tulisan Pak Yudi Latif utamanya Negara Paripurna (Historitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila) dan Mata Air Keteladanan Pancasila. Dari kedua buku ini, saya menjadi paham bagaimana pendiri bangsa jenius nusantara ini dengan kerja keras, tepo seliro, meredam perbedaan, mampu menghadirkan karya monumental Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Saya bangga.

    BalasHapus