Senin, 29 April 2013

Kegiatan Memperingati Hari Bumi oleh Praja IPDN


Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan lembaga pendidikan tinggi kepamongprajaan yang menghasilkan (output) pamong praja muda yang salah satunya harus memiliki sikap responsif terhadap isu-isu di sekitarnya. Tanggal 22 April merupakan peringatan Hari Bumi se-Dunia yang membahas isu-isu permasalahan lingkungan hidup dan merupakan momentum bagi siapapun untuk kembali mengingat hakikat pentingnya lingkungan hidup.  
Dinas Pendidikan Penelitian dan Pengembangan, salah satu organisasi dibawah naungan Wahana Wyata Praja IPDN merupakan wahana pendukung pengembangan pola pikir praja yang sudah semestinya mencoba memberikan wawasan lebih jauh mengenai isu lingkungan hidup sebagai upaya memberikan pengaruh positif pada pola pikir praja mengenai seberapa pentingnya lingkungan hidup.
Talkshow “Catch The Message From Earth, A Journalism Way In Saving Earth”, Menjadi tema yang kami pilih untuk mencoba mempengaruhi praja agar lebih peduli pada lingkungan hidup sebagai sebuah perwujudan dari sikap responsif yang harus dimiliki seorang pamong. Hal ini di dasari bahwa jurnalistik merupakan suatu media strategis untuk memberikan wawasan dan bahkan mempengaruhi pandangan seseorang. Melalui kegiatan ini peserta akan di perkenalkan dengan dasar-dasar jurnalistik dan bagaimana jurnalistik bisa berperan dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup. Sehingga peserta mampu mendapatkan dua manfaat yaitu memiliki pengetahuan mengenai jurnalistik dan dapat lebih memahami isu lingkungan hidup.
Talkshow ini diadakan pada Kamis 25 April 2013 lalu yang bertempat di Balairung Rudini. Peserta yang hadir pada kegiatan ini bukan hanya berasal dari masyarakat praja saja, tapi juga dari mahasiswa luar seperti IKOPIN, UNPAD dan ITB. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi praja dengan mahasiswa luar. Antusias para peserta juga sangat tinggi, terbukti dengan seluruh kursi berjumlah 600-an terisi penuh bahkan lebih lagi.


Kegiatan ini beretemakan lingkungan hidup dan jurnalistik yang boleh dibilang bukan bidang para praja IPDN yang notabene dibidang pemerintahan. Oleh karenanya, didatangkanlah narasumber dari luar yaitu Kak Guli dari pihak Greenaration yang memaparkan tentang lingkungan hidup dan keadaan bumi sekarang. Selain itu ada juga narasumber Ayu Utami yang berprofesi sebagai novelis dan pecinta lingkungan.

Pesan dari saya pribadi dengan diadakannya talkshow ini, saya hanya bisa katakan "Jangan tinggalkan air mata untuk anak cucu kita tapi tinggalkanlah mata air", jadi jaga bumi kita sebaik mungkin sebab Earth,  the only one we can call H.O.M.E ....
Title: Kegiatan Memperingati Hari Bumi oleh Praja IPDN; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar