Sabtu, 27 April 2013

Hari Bumi Sedunia | Asal Mula Peringatan Hari Bumi


Tahukah Anda bahwa hari ni adalah Hari Bumi Sedunia yang diperingati oleh seluruh masyarakat Internasional. Yuupp… peringatan ini rutin dilaksanakan setiap tanggal 22 April. Berbagai .bentuk dan jenis perayaan yang dilakukan dalam memperingati hari yang peduli terhadap lingkungan ini. Mulai dari aksi menanam pohon, kampanye cinta lingkungan, aksi turun kejalanan, sosialisasi sistem 3R alias Reuse, Reduce dan Recycle.


Hari Bumi ini sendiri disebut-sebut sebagai harinya para pecinta lingkungan. Bagaimana tidak, dahulu saat pencanangan Hari Bumi itu sendiri karena adanya aksi turun kejalan sekitar 200 juta orang untuk mengkampanyekan tentang perlindungan lingkungan hidup. Aksi ini terjadi sekitar tiga puluh tahun yang lalu dan di gagaskan oleh seorang senator asal Amerika Serikat yaitu Gaylord Nelson yang tak mengenal lelah yang merasa sangat sedih melihat kondisi bumi sekarang yang gersang sehingga tercipta pemikiran untuk memprakarsai peringatan untuk mengingatkan akan pentingnya menyelamatkan bumi. Dalam perjalanannya, beliau menggunakan kekuasaannya sebagai senator untuk melancarkan aksi-aksi protes secara nasional. Aksi ini terbilang lancar sebab warga Amerika Serikat masih sangat mendengarkan apa yang digerakkan atau dikatakan oleh senatornya.
Isu-isu dan uraian-uraian yang dekeluarkan oleh Nelson sangat menggugah hati para pendengarnya, tak heran bahwa 200 juta masyarakat Amerika pada saat itu mendukung aksi penyelamatan lingkungan yang di peringati dengan aksi turun kejalan untuk mengkampanyekan aksi tersebut pada 22 April 1990. Hal itu pula yang menyebabkan pada tahun yang sama terjadi KTT Bumi di Rio de Janeiro. Gerakan sadar akan keselamatan bumi akhirnya mencipktakan Hari Bumi yang mulai ditetapkan dan diperingati pada 22 April 2000. Aksi ini mendapat apresiasi yang besar dari sekitar lima ribu aktivis di 185 negara diseluruh dunia dan ikut memperingati hari ini. Sejak saat itulah setiap tanggal 22 April diperingati oleh seluruh masyarakat dunia sebagai Hari Bumi.

Berbagai penelitian dan riset telah berusahan dilakukan untuk mencari tempat tinggal baru selain bumi untuk dapat di tinggali makhluk hidup. Namun saying, tak ada satupun yang bias menyerupai bumi. Bahkan planet mars pun yang memiliki suhu yang hampir sama, tetap saja tidak bisa menggantikan bumi. Tidak ada tempat lain yang bisa menyediakan persediaan air yang banyak, suhu yang sesuai dan banyaknya emisi O2 atau oksigen yang merupakan unsur utama makhluk hidup dapat meneruskan kehidupannya.

Dari pikiran dasar dan perasaan yang sama ini lah saya juga turut mengajak Anda untuk dapat menghargai dan melindungi bumi. Cobalah bandingkan kondisi bumi yang dulu dan kondisi yang sekarang. Jika Anda masih memiliki perasaan, pastilah akan ada perasaan sedih melihat kondisi yang sekarang dan berusaha melindungi bumi mulai dari diri sendiri.
Cintailah Bumi kita. Cintai alam kita. Jangan simpankan air mata untuk anak cucu kita kelak tapi simpankanlah mata air bagi mereka. Jangan berpikir akan ditemukan Bumi lain di alam semesta ini, cause “Earth” the only one we can call “Home”.
Title: Hari Bumi Sedunia | Asal Mula Peringatan Hari Bumi; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar