Minggu, 03 Maret 2013

Info Tentang Hacker dan Cracker | Perbedaan Hacker dan Cracker


HACKER VS CRACKER

Pernahkah Anda mendengar istilah hacker?? Atau cracker?? Apa yang terpikirkan pertama kali ketika mendengarnya?? Orang jahat? Ahli komputer? Penipu? Perusak situs orang? Atau pencuri data melalui internet? Yahh.. memang tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak yang belum paham terlebih bagi orang awam yang sama sekali tidak mengetahui perbedaan keduanya.


Namun sebenarnya, antara istilah hacker dan cracker memiliki arti yang sangat berbeda jauh dengan dunianya yang berbeda, layaknya langit dan bumi. Jika dalam suatu cerita, keduanya dapat di konotasikan bagai penjahat dan polisi. ^.^

Keduanya memang memiliki kesamaan, yaitu sama-sama seorang yang ahli dalam komputer, meretas situs, selalu ingin tahu dan menyukai hal-hal  yang menantang. Namun, tujuan dari tindakannya lah yang membedakannya, termasuk dalam black hat atau kah white hat.

Hacker adalah seseorang yang meretas situs web seseorang karena iseng, mencari informasi ataupun penguji sistem keamanan dari situs tersebut. Namun hacker tidak sembarang untuk masuk terlebih lagi merusak sistem komputer yang diretasnya. Sebaliknya, hacker justru membantu admin menemukan kelemahan dari situsnya sehingga bisa meningkatkan keamanan sistem komputernya. Seorang hacker tidak akan mencuri atau merisak situs yang diretasnya, karena itu adalah etika seorang hacker. Pada intinya, hacker lebih bermakna positif dan bersifat melindungi dan peningkatan keamanan komputernya.


Berbeda dengan hacker, cracker merupakan sisi gelap dari hacker. Cracker adalah seorang termasuk black hat yang juga ahli dalam bidang komputer dan meretas situs orang lain namun bersifat destruktif atau merusak. Seorang cracker meretas situs seseorang demi tujuan tertentu, menerobos password dan kemudian merusak / mengacak-acak data dalam situs web tersebut.  Setelah mengakses masuk, seorang cracker akan bertindak cepat dan men-deface (mengganti tampilan depan) dari laman tersebut agar keberadaannya tidak diketahui oleh pihak admin. Segala tindakan “cyber crime” yang dilakukannya dapat merubah, mengganti, menghilangkan data-data maupun pengguna jaringannya secara keseluruhan. kelompok ini tidak peduli terhadap apa yang mereka lakukan dan apa dampaknya terhadap masyarakat. 
Title: Info Tentang Hacker dan Cracker | Perbedaan Hacker dan Cracker; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

1 komentar: